Sunday, 13 March 2016

Microsoft Windows 7 ( Definisi, Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan )

Sudah pada kenal kan, sama sistem operasi ini. ya, windows 7 yang kebanyakan ada pada notebook notebook pelajar serta komputer warnet yang sekarang ini emang udah gak asing lagi kan ? kali ini ane mau ngebahas soal windows 7



PENGERTIAN
Windows 7 adalah sebuah Sistem Operasi yang dibuat oleh Microsoft Windows dan menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.

Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7 kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.

JENIS - JENIS WINDOWS 7


1. Windows 7 Starter
  • Target : seluruh dunia dan biasanya hadir dengan paket komputer baru
  • Fitur Utama : Task bar, Jump list, Windows Media Player, Backup & Restore, Action Center, Devices Stage, Play to, Fax and Scan and Game Sederhana.
  • Kekurangan : Tidak ada aero glass, Berbagai fitur modifikasi desktop, Windows Touch, Media Center, Live Thumnail Preview, Home Group Creation, Tidak ada multi bahasa, Maksimal RAM 2GB, Tidak tersedia versi 64 bit.
Dengan menggunakan Windows 7 starter pengguna tidak bisa merubah wallpaper atau Tema Windows, pengguna hanya dapat menjalankan 3 program dalam 1 waktu, namu pada akhirnya keterbatasan ini dihilangkan sehingga pengguna tetap bisa menjalankan banyak program dalam 1 waktu, namun juga dibatasi jumlah memori.
Untuk edisi 32 bit semua Windows selain windows starter mempunyai batasan maksimal RAM 4GB. Untuk yang 64 bit, lebih tinggi dan berbeda-beda.
2. Windows 7 Home Basic
  • Target : Wilayah tertentu saja, Seperti Indonesia
  • Fitur Utama : Multiple Monitor, Fas user switching ( Bergangi Pengguna ), Desktop Wallpapper, Desktop windows manager, Network Printing, Internet Connection Sharing, Windows Aero sebagian
  • Kekurangan : Tidak dapat membuat homegroup baru, Tanpa multi touch, Premium games, Windows Media Center, Tidak disertakan DVD Decoder ( MPEG 2 dan Dolby Digital ), Tidak ada multi bahasa, Dukungan Windows Aero Tidak Penuh.
3. Windows 7 Home Premium
  • Target : Global
  • Fitur Utama : Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Dapat membuat home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, Premium Games, Mobility Center.
  • Kekurangan : Domain Join, Remote desktop host, Backup dari jaringan, Encryption File Sistem, Ofline Folder.
4. Windows 7 Professional
  • Target : Pengguna IT Menengah ke atas
  • Fitur Utama : Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, Location aware printing, Mobiliti center, Presentation mode, Offline Folder.
  • Kekurangan : Bit locker, Bit locker To Go, App Locker, Direct Access, Branche cache, MUI Language Pack, Booting dari VHD.
5. Windows 7 Enterprise
  • Target : Pelanggan Bisnis
  • Fitur Utama : BitLocker, Bitlocker To Go, App Locker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, Boot From VHD.
  • Kekurangan : Lisensi Retail
6. Windows 7 Ultimate
  • Target : Retail Market, Kesediaan Terbatas
  • Fitur Utama : Semua fitur windows 7 edisi sebelumnya ditambah dengan Bitlocker, Bitlocker To Go, App Locker, Direct Access, Branche cache, MUI Language packs, Boot From VHD.
  • Kekurangan : Volume Lecensing

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WINDOWS 7
  • KELEBIHAN :
Booting lebih cepat
Durasi waktu booting ( booting delay time ) lebih cepat

Irit Konsumsi daya
Konsumsi daya lebih irit, sehingga lebih stabil dari pada windows Vista karena konsumsi daya yang lebih sedikit

Optimasi dalam prefetching
Optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD

Adanya aplikasi Device Storage
Fitur baru untuk memudahkan kita menampilkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan dan dokumentasi.

Snap
Dapat membuka aplikasi secara bersamaan dan ditampilkan bersebelahan

Home Group
System jaringan yang dapat menghubungkan beberapa PC untuk proses berbagi file dan peripheral

Jump List
Memudahkan membuka kembali salah satu dari beberapa aplikasi yang berjalan dengan hanya klik pada pin dengan cepat

Windows Media Center
Dapat merekan siaran TV, nonton TV online

Windows Live Essentials
Pengguna dapat mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video dan hal lainnya

Web Slices
Aplikasi untuk memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah situs yang kemudian ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang  mudah dan cepat

Parental Control
Adanya kontrol dalam membatasi akses pada anak-anak,misal :pengaturan waktu dan lama akses yang diperbolehkan pada anak

  • KEKURANGAN :
Masih banyak Software dan Hardware yang belum support dengan Windows 7
Dalam bermain game, sering kali crash
Designnya kurang kekinian
DLL

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com