Tuesday 22 March 2016

Kelebihan Kelebihan Linux dibanding Windows

Ok, bro. ente tau Linux kan ? hah, enggak ? tau lah ya. Linux yaitu Sebuah Sistem Operasi Open Source yang masih keturunan Unix. Sistem Operasi Ini dibuat oleh Linus Torvald pada tahun 1991, semua sistemnya berasal dari sistem operasi GNU.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems.

Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem video game (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox, telepon genggam dan router).

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).


Ente tau kan. di Indonesia jarang banget yang pake Linux. Kebanyakan pakenya Windows. Kenapa begitu ? Karena mungkin menurut masyarakat Indonesia Linux itu terlalu rumit karena untuk menjalankan programnya diperlukan Command Line, yang tentunya membuat bingung. Sedangkan Windows yang umumnya diperkuat dengan sistem GUI yakni dengan tampilan user interface yang lebih mudah dipahami bagi pengguna yang awam.

Namun, dibalik semua itu di dunia secara universal kebanyakan menggunakan Sistem Operasi Linux, karena Linux yang umumnya sistem operasi open source atau bisa dikatakan sistem operasi gratisan sedangkan di Indonesia biasanya pake Windows, tpi bukan yang ori. Melainkan yang bajakan :D

Okelah, mungkin ada baiknya kali ini ane share kelebihan Linux dibanding Windows. Ok cekidot :

  • Ente gak perlu beli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk beli CD Windows yang Original.
  • Ente gak takut buat di Razia Software karena Linux Free.
  • Ente gak bakal diteror teror sama aktivasi serial.
  • Ente gak perlu defragment Linux.
  • Ente gak perlu takut dari serangan virus dan spyware.
  • 85% Orang didunia kebanyakan Pake Linux. 
  • Anda tidak menderita vendor lock-in dengan Linux.
  • Linux itu OS ringan, jadi apapun spek ente, ente gk perlu kuatir.
  • Linux gak akan crash tanpa alasan jelas ketika di Jalankan.
  • Linux bisa membaca dengan baik lebih dari seratus berbagai jenis file system.
  • Linux happily akan menginstal sendiri pada partisi hardisk logical.
  • Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer.
  • Tidak ada 1 Sistem Operasipun yang bisa meng-klaim terbebas dari serangan Virus maupun Trojan termasuk Linux.Tapi setidaknya Linux tetap lebih aman karena Linux merupakan Open source dan masih sedikitnya orang yang mengetahui tentang Scripting pembuatan Virus di Linux.
  • Pada Linux ente mendapatkan khusus suite yang berisikan pendidikan dan permainan. Windows versi ini tidak dikembangkan, dan harus membeli Lisensi.

Oke itulah beberapa kelebihan Linux yang ane dapet dari macam macam sumber.
Terimakasih, sampai jumpa :)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com